Dealer suzuki » Promo Suzuki » Berita Suzuki » Penyebab Ban Motor Pecah Secara Tiba – Tiba Beserta Cara Merawatnya
Penyebab Ban Motor Pecah Secara Tiba-Tiba Beserta Cara Merawatnya

Penyebab Ban Motor Pecah Secara Tiba – Tiba Beserta Cara Merawatnya

Penyebab Ban Motor Pecah Secara Tiba-Tiba Beserta Cara Merawatnya

Penyebab Ban Motor Pecah pada Kendaraan roda dua seperti motor ada saatnya mengalami permasalahan meskipun seringkali servis dan mengganti oli secara rutin. Motor harus selalu terawat secara keseluruhan bukan hanya merawat bagian motor mesin saja loh. Bagian lain yang penting yang tidak boleh luput dari perawatan adalah ban motor.

Ban merupakan satu-satunya bagian kendaraan yang langsung bersentuhan dengan aspal ketika berkendara. Untuk itulah, memperhatikan perawatan ban adalah hal yang tidak boleh anda lupakan. Sebab ban motor yang mengalami permasalahan sangat berbahaya jika terus anda gunakan untuk berkendara. Apalagi jika ban motor pecah secara tiba-tiba ketika melaju di jalan.

Terjadinya pecah ban motor bisa menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan fatal. Mungkin ban yang sudah tipis atau adanya benda tajam menusuk karet ban merupakan salah satu penyebab pecah ban yang paling umum. Namun ternyata masih ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan ban motor robek parah atau pecah.

Mengingat fungsi dari ban sangat krusial dari kendaraan motor, sangat penting untuk mengetahui penyebab terjadinya ban motor pecah secara tiba-tiba. Oleh sebab itu, simak mengenai beberapa hal yang menyebabkan ban motor pecah beserta cara merawat ban berikut ini.

Penyebab Ban Motor Pecah Secara Tiba - Tiba
Penyebab Ban Motor Pecah Secara Tiba-Tiba Beserta Cara Merawatnya

Penyebab Ban Motor Pecah secara Tiba-Tiba

Dengan mengetahui penyebab ban motor pecah secara tiba-tiba, harapkan kita bisa mengurangi resiko terjadinya suatu kendala atau kecelakaan di jalanan. Berikut ini beberapa penyebab ban motor pecah secara tiba-tiba.

  • Pengisian angin pada ban motor tidak sesuai standar

    Setiap ban pada kendaraan motor mempunyai daya tampung pengisian angin yang tidak sama. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa pengisian angin pada ban motor kamu sudah sesuai dengan aturan yang telah tertulis pada buku manual. Apabila pengisian angin pada ban motor terlalu tinggi, maka hal ini bisa menyebabkan ban motor benjol karena serat ban putus. Kondisi tersebut bisa menyebabkan resiko ban pecah secara tiba-tiba semakin tinggi.
  • Ban motor yang tidak berkualitas

    Hampir semua orang menyukai berbagai barang yang menawarkan harga terjangkau. Tetapi kamu jangan mudah tergiur dengan harga murah atau di bawah harga standar ketika ingin membeli ban motor. Sebab sangat mengkhawatirkan harga ban motor yang tidak sesuai standar tersebut justru tidak berkualitas dan bisa bermasalah di kemudian hari dan menyebabkan hal yang fatal. Untuk itulah, usahakan untuk membeli ban motor dengan harga yang standar dengan ban merk lainnya.
    Takutnya harga yang murah dari standar tersebut merupakan produk gagal yang biasanya mempunyai bagian ban yang berlubang atau keretakan pada bagian tertentu sehingga kondisi tersebut lebih rentan meledak ketika anda gunakan.
  • Ban motor sudah kadaluarsa

    Seperti halnya produk lain yang memiliki kadaluarsa, ban motor juga mempunyai masa kadaluarsa. Sebaiknya perhatikan masa pembuatan ban motor tersebut karena ban yang sudah kadaluarsa resiko pecah secara tiba-tiba lebih tinggi sebab karet pada dinding ban dan kawat roda sudah kering dan keras.
  • Ban motor yang kempes dan tidak segera memompa angin

    Ada sebagian orang yang menyepelekan kondisi ban yang kempes dan memaksakan untuk tetap berkendara. Hal tersebut memiliki berbagai alasan, tetapi sepertinya malas adalah alasan utama mengisi ban motor yang ternyata lebih kempes dari biasanya. Hal ini tidak boleh anda lakukan karena ban yang kempes bisa menyebabkan sisi bagian ban retak. Kondisi ini karena ketika melaju, ban yang kurang angin akan tertekan oleh velg dan akan timbul retakan. Tentunya kondisi tersebut menyebabkan resiko terjadinya ban motor pecah secara tiba-tiba lebih tinggi.

baca juga : promo plaza marina surabaya

Cara Merawat Ban Motor Agar Lebih Awet

Setelah kamu mengetahui sejumlah penyebab ban motor pecah secara tiba-tiba, berikut ini beberapa cara untuk merawat ban motor supaya lebih tahan lama.

  • Memperhatikan tekanan udara pada ban motor

    Kamu harus rutin memeriksa apakah tekanan udara pada ban motor sesuai dengan tipe motor. Hal ini bukan tanpa alasan mainkan semakin tinggi cc motor, maka semakin besar juga berat dan bobot dari motor tersebut. Jadi setiap tipe motor memiliki tekanan udara yang berbeda-beda. Hal ini bisa anda lihat di buku manual service pada motor.
  • Parkir motor tidak langsung di bawah terik sinar matahari

    Usahakan untuk selalu memarkirkan motor di tempat yang teduh. Apabila kamu memarkirkan motor di bawah teriknya sinar matahari, maka hal tersebut bisa menyebabkan tekanan angin ban meningkat sebab udara mengalami pemuaian akibat terkena panas. Kondisi tersebut beresiko membuat ban mudah botak dan bisa menyebabkan pecah ban secara tiba-tiba.
  • Lakukan pembersihan bahan secara rutin

    Ban motor harus kita bersihakan secara rutin supaya kotoran yang menempel pada ban tersebut benar-benar hilang. Sebab debu, kotoran atau pasir yang menempel di ban motor dapat menyebabkan ban motor mudah bocor atau pecah. Nah sebaiknya kamu menggunakan sikap dan membasahi ban terlebih dahulu ketika membersihkan ban kemudian angkat badan dengan air sabun.
  • Hindari membawa muatan berlebihan pada motor

    Ketika kamu membawa suatu muatan, usahakan untuk tidak melebihi kapasitas kendaraan. Sebab kelebihan kapasitas akibat muatan berlebihan bisa menyebabkan ban cepat botak hingga ban motor mudah retak atau pecah. Tentunya hal ini sangat membahayakan keselamatan pengendara ketika menggunakan motor. Jadi pastikan untuk tidak membawa muatan yang berlebihan ketika mengendarai motor.

Demikianlah beberapa penyebab ban motor pecah secara tiba-tiba beserta cara merawat motor agar lebih tahan lama. Semoga bermanfaat!

salam eka suzuki